Tingkatkan Pemahaman Teknologi, Prodes Ngadirenggo Gelar Sosialisasi Podcast

Blitar, Ikom.umsida.ac.id – Dalam meningkatkan kesadaran akan pentingnya penggunaan teknologi digital, tim Proyek Desa Universitas Muhammadiyah Sidoarjo (Prodes Umsida) mengadakan sosialisasi podcast. Kegiatan dilaksanakan pada Sabtu (29/11/2023).

Kegiatan ini bertujuan untuk memberikan pengetahuan dan memperkenalkan podcast kepada remaja desa yang peduli akan peran teknologi dalam pengembangan diri. Sosilasisasi dihadiri oleh para remaja karangtaruna Desa Ngadirenggo. Acara dimulai dengan pembukaan dari MC dan sambutan dari Ketua Pelaksana, Allan.

Materi sosialisasi podcast

“Podcast Class merupakan salah satu acara dimana kita beruapaya untuk menggerakan semangat pemuda Desa Ngadirenggo untuk berkarya melalui media sosial,” ujarnya.

Baca juga: Mengenal Lebih Jauh Kerajinan Cor Kuningan Bersama Tim PKKM Bejijong

Selain itu, kegiatan ini juga menyediakan sesi praktik langsung bagi para peserta. Mereka dibimbing untuk menciptakan konten sederhana tentang topik pilihan masing-masing. Hal ini bertujuan agar remaja dapat merasakan secara langsung proses pembuatan konten serta membangkitkan minat mereka untuk terlibat dalam menciptakan konten yang bermanfaat.

Pelatihan yang berlangsung tersebut untuk mengajarkan bagaimana membuat dan mendistribusikan podcast berkualitas tinggi. Para peserta belajar tentang teknik berbicara, serta pengenalan dan penggunaan peralatan produksi , hingga menentukan aplikasi untuk proses pengeditan yang profesional.

Antusias peserta

ÔÇťAcara Podcast Class yang diadakan oleh Mahasiswa Proyek Desa Umsida ini sudah cukup bagus dan bermanfaat bagi remaja desa ini, ya seperti kita yang tergolong masih awam jadi bisa lebih mengerti tentang bagaimana cara dan prosesnya itu bagaimana dan yang lebih penting untuk gearnya itu apa saja jadi bagus lah,” ujar Mario, salah satu peserta.

Mereka menyadari bahwa podcast bukan hanya sebagai hiburan semata, tetapi juga sarana edukasi yang efektif dan dapat diakses dengan mudah.

Baca juga: Prodi Ilmu Komunikasi UMSIDA Gelar IVSC: Urban Storytelling untuk Membahas Praktik Berkelanjutan di Kota Modern

Kegiatan sosialisasi ini diharapkan dapat menjadi titik awal yang membuka wawasan remaja desa terhadap manfaat teknologi dalam pembelajaran. Dengan memanfaatkan podcast sebagai media, serta berbagi pengetahuan yang berguna bagi perkembangan masyarakat desa secara keseluruhan. Semangat dan antusiasme yang terlihat dari para peserta menunjukkan potensi besar dalam pemanfaatan teknologi untuk perkembangan diri.

Penulis: Nanda Widyanita Hariyadi

Leave a Reply