Inovasi Pembelajaran Al-Qur’an Tematik di Sekolah Dasar: Membangun Fondasi Pendidikan Islami yang Kuat

Pai.umsida.ac.id-Prodi Pendidikan Agama Islam (PAI) Universitas Muhammadiyah Sidoarjo (Umsida) kembali menegaskan perannya dalam inovasi pendidikan Islam melalui penerapan media pembelajaran Al-Qur’an berbasis tematik di sekolah dasar. Fokus penelitian ini adalah bagaimana strategi dan efektivitas penerapan media pembelajaran tematik mampu meningkatkan pemahaman siswa tentang nilai-nilai Al-Qur’an di kehidupan sehari-hari. Dengan pendekatan yang kreatif dan interaktif, penelitian ini menjadi salah satu kontribusi FAI Umsida dalam memperkuat pendidikan Al-Qur’an di tingkat dasar.

Pendekatan Inovatif dalam Pembelajaran Al-Qur’an Tematik

Dalam dunia pendidikan Islam, media pembelajaran memegang peran penting dalam keberhasilan penyampaian nilai-nilai Al-Qur’an. Penelitian yang dilakukan di SD Islam Plus Asy Syafiiyah ini bertujuan untuk mengimplementasikan pembelajaran Al-Qur’an berbasis tematik dengan pendekatan modern dan interaktif. Guru menggunakan berbagai jenis media, seperti video edukatif, gambar ilustrasi, cerita interaktif, dan permainan edukasi, untuk mempermudah siswa memahami dan mengaplikasikan ajaran Al-Qur’an dalam kehidupan sehari-hari

Baca Juga:Membangun Kader Intelektual di Era Digital: LKMM-TD HIMA PAI Umsida 2024 Sukses Digelar

Keunggulan dari pendekatan tematik ini adalah penyajian materi yang tidak hanya bersifat teoritis tetapi juga praktis. Siswa diajak untuk memahami ayat-ayat Al-Qur’an melalui tema-tema kehidupan nyata, seperti lingkungan, karakter mulia, dan tanggung jawab sosial. Hal ini diharapkan mampu menanamkan nilai-nilai Islam dengan cara yang lebih menarik dan mudah dipahami oleh siswa

Tantangan dan Solusi dalam Implementasi Pembelajaran Tematik Al-Qur’an

Meski memberikan dampak positif, penerapan pembelajaran tematik Al-Qur’an di sekolah dasar tidak terlepas dari berbagai tantangan. Salah satu kendala utama yang dihadapi adalah keterbatasan sumber daya teknologi dan waktu yang terbatas dalam kurikulum sekolah. Beberapa guru juga mengakui bahwa mereka memerlukan pelatihan lebih lanjut untuk menguasai penggunaan media pembelajaran berbasis teknologi.

Untuk mengatasi tantangan tersebut, perlu adanya dukungan berkelanjutan dari pihak sekolah dan stakeholder terkait. Penyediaan perangkat teknologi yang memadai serta pelatihan rutin untuk guru menjadi langkah penting untuk memastikan keberlanjutan program ini. FAI Umsida melalui program ini memberikan kontribusi dengan menyediakan materi dan pendampingan kepada guru dalam merancang dan mengimplementasikan media pembelajaran tematik.

Dampak Positif Pembelajaran Tematik Al-Qur’an bagi Siswa

Hasil penelitian menunjukkan bahwa siswa memberikan respons positif terhadap penggunaan media pembelajaran tematik Al-Qur’an. Mereka tampak lebih antusias, aktif, dan fokus selama proses pembelajaran berlangsung. Aktivitas seperti permainan edukatif dan cerita interaktif membuat siswa lebih mudah memahami makna ayat-ayat Al-Qur’an dan bagaimana menerapkannya dalam kehidupan sehari-hari.

Selain itu, guru juga merasakan peningkatan dalam efektivitas proses pengajaran. Materi yang sebelumnya dianggap abstrak dan sulit dipahami kini dapat dijelaskan dengan cara yang lebih konkret dan menarik. Hal ini membuktikan bahwa pendekatan tematik dalam pembelajaran Al-Qur’an mampu menjembatani kesenjangan antara teori dan praktik di dalam kelas.

Komitmen PAI Umsida dalam Inovasi Pendidikan Islam

Penelitian ini menjadi bukti nyata komitmen Pendidikan Agama Islam Umsida dalam memajukan pendidikan Islam di Indonesia. Dengan pendekatan tematik dalam pembelajaran Al-Qur’an, FAI Umsida berhasil memberikan solusi inovatif bagi pendidikan dasar dalam menanamkan nilai-nilai Al-Qur’an sejak dini.

Baca Juga:Ujian Akhir Semester (UAS) Umsida Tahun Akademik 2024-2025 Resmi Digelar

Melalui penelitian dan pendampingan berkelanjutan, PAI Umsida berharap metode ini dapat diadopsi oleh lebih banyak sekolah di Indonesia, sehingga kualitas pendidikan Islam semakin meningkat dan siswa mampu menginternalisasi nilai-nilai Al-Qur’an dengan baik dalam kehidupan sehari-hari.

“PAIUmsida terus berinovasi untuk mencetak generasi unggul yang berkarakter Islami, cerdas, dan berintegritas.”

Sumber: el Bidayah: Journal of Islamic Elementary Education, Volume 6, Nomor 1, Maret 2024.